Rabu, 22 April 2009

KAWASAN BUDIDAYA

Kawasan budidaya adalah kawasan yang ditetapkan dengan fungsi utama untuk dibudidayakan atas dasar kondisi dan potensi sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya buatan, meliputi:

  • Kawasan Permukiman
  • Kawasan Industri
  • Kawasan Perdagangan dan Jasa
  • Kawasan Pariwisata
  • Kawasan perkantoran
Untuk lebih jelasnya diurai sebagai berikut:

KAWASAN PERMUKIMAN

Permukiman adalah bagian dari lingkungan hidup diluar kawasan lindung yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian dan tempat kegiatan yang mendukung perikehidupan dan penghidupan.

Kawasan permukiman yang dipacu perkembangannya antara lain di kawasan Talang Kelapa (Kasiba-Lisiba), kawasan Jakabaring, Sako dan Bukit Baru.
Kawasan permukiman di pusat kota dikendalikan. Pembangunan kawasan permukiman dipusat kota difokuskan pada perbaikan kualitas lingkungan permukiman, penataan kawasan dan revitalisasi kawasan permukiman.

KAWASAN PERUNTUKAN INDUSTRI
(Keppres No. 41 Tahun 1996)

Kawasan Peruntukan Industri adalah bentangan lahan yang diperuntukan bagi kegiatan industri berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah dan ditetapkan oleh Pemerintah.

Kawasan Industri adalah kawasan tempat pemusatan kegiatan industri yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana penunjang yang dikembangkan dan dikelola oleh perusahaan kawasan industri yang memiliki izin usaha kawasan industri.
Di Kota Palembang sudah menyiapkan lahan sebagai kawasan peruntukan industri, yang direncanakan dan disiapkan sebagai kawasan industri.
Untuk industri berat dan atau industri polutif telah disiapkan di wilayah Sungai Lais (1.300 Ha) dan Sako (228 Ha).
Untuk industri ringan disiapkan ruang di wilayah Keramasan dan Karya Jaya seluas 800 Ha.
Untuk industri khusus Migas berada di Plaju seluas 280 Ha.

KAWASAN PARIWISATA

Kawasan Pariwisata adalah kawasan dengan luas tertentu yang dibangun dan disediakan untuk memenuhi kebutuhan pariwisata. (Undang-undang No. 9 tahun 1990)

Kawasan Benteng Kuto Besak dan sekitarnya.
Kawasan 16 Ilir dan sekitarnya.
Kawasan Pulau Kemaro
Kawasan Kampung Kapiten.
Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Kel.Karang Anyar, Gandus.
Kawasan Agropolitan, Kel. Pulokerto, Gandus.
Kawasan tepi Sungai Musi.
Kawasan Taman Kambang Iwak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar