Minggu, 17 Mei 2009

Keramikisasi Teras Sudirman dan Radial

PALEMBANG, SRIPO —Teras sepanjang Jl Jenderal Sudirman dan Jl Radial (HM Dani Effendi) akan dikeramikisasi. Dua jalan ini diperlebar, trotoarnya dimundurkan dan dipasang conblok.

Rencana ini terungkap dalam pertemuan masyarakat pemilik bangunan dan toko di sepanjang Jl Jenderal Sudirman dan Radial, dengan unsur tripika yang dihadiri langsung Camat Bukit Kecil Alex Fernandinus S.Sos, Dinas Tata Kota, Dishub, dan Pol PP di Kantor Lurah 24 Ilir Palembang, Rabu (20/5).

Alex mengatakan pemasangan keramik di teras ruko yang sudah disepakati adalah tanggung jawab pemilik toko. Sedangkan pelebaran jalan dan pemasangan conblok diurus pemerintah langsung. “Yang penting bentuk dan warnanya sama seperti yang disepakati,” kata Alex sembari menambahkan bahwa persetujuan itu sudah disetujui Walikota Palembang untuk penataan jalan Jenderal Sudirman dan Radial. Nanti, lanjutnya, akan dibangun jalur bus way (bus Trans Musi) dan dibangun halte untuk bus way-nya.

“Jadi kami minta masyarakat pedaganglah yang mengerjakannya, sedangkan dari Dinas Tata Kota hanya mengarahkan dan mendesainnya saja,” ungkap Alex seraya menambahkan bagi pemilik usaha makanan di Jl Radial juga diperintahkan untuk menata hal yang sama seperti di Jl Jenderal Sudirman. “Tempat dagang kami minta disamakan dan diseragamkan supaya tidak semerawut, kita akan buat seperti di negara-negara maju, Palembang memang sedang menuju Kota Internasional,” jelasnya.

Sementara perwakilan, seperti Herman pemilik usaha di samping Rumah Susun mengaku keberatan jika bangunan lama miliknya dirobohkan sehingga dia minta diringankan. Tapi dia ikut menata seperti yang diharapkan pemerintah tersebut. Begitu juga salah seorang perwakilan dari pemilik usaha di Jl Jenderal Sudirman yang memertanyakan soal parkir dan kondisi usahanya yang kadang harus memakan teras jalan.

Isnaini Madani, Kabid Penataan Kota Dinas Tata Kota Palembang, mengatakan, setelah keputusan ini diterima masyarakat langsung dapat mengerjakannya. Tapi dia mengharapkan agar saat dikerjakan serentak jadi kelihatannya bagus. “Kalau ini berhasil, maka kota kita akan lebih cantik dan indah,” tambah Isnaini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar