Kamis, 05 November 2009

Calon Kepala Daerah Ditentukan Usai Musda Partai Golkar

PALEMBANG - Para calon kepala daerah yang akan diusung dalam Pemilukada 2010 di lima kabupaten di Sumsel akan ditentukan oleh pengurus Partai Golkar Sumsel yang baru hasil Musda VIII Partai Golkar Sumsel. Mereka para calon akan ditentukan setelah ada survei yang dilakukan oleh lembaga yang ditentukan oleh Partai Golkar.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sumsel Wasista Bambang Utoyo yang ditemui menjelaskan, banyak mekanisme yang harus dijalani sebelum ditentukan siapa yang akan diusung. Salah satu diantaranya adalah evaluasi hasil survei. "DPP Partai Golkar tidak sembarangan menunjuk lembaga survei. Ada survei yang dilakukan untuk orang per orang. Apakah yang bersangkutan layak dijual atau tidak," ujar Wasista, Rabu (11/11).

Menurutnya tidak ada alasan bahwa seorang Ketua DPD Partai Golkar setempat dipastikan menjadi calon kepala daerah. Ada track record yang dilihat sebelum ditentukan. "Sejauh ini belum ada yang ditentukan. Selama ini klaim yang muncul hanya dari orang per orang saja padahal yang benar harus melalui mekanisme yang diantarkan oleh partai. Belum ada yang dipastikan diusung oleh Partai Golkar," ujarnya.

Dikatakan bahwa untuk usulan persetujuan sebagai calon, dari DPD Partai Golkar kabupaten/kota diantarkan ke DPD Partai Golkar Sumsel. Dengan kata lain bukan pengurus kabupaten/kota yang menentukan calon yang diusung. "Kalau untuk calon bupati/walikota harus ada persetujuan dari DPD Partai Golkar Sumsel. Sedangkan untuk calon gubernur maka harus disetujui oleh DPP Partai Golkar.(Sripo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar