Minggu, 29 Maret 2009

Kamar Bola

Lokasi : kasawan Komplek Pertamina Plaju


Gedung yang terdapat di Kompleks Pertamina Plaju ini sekarang bernama Gedung Patra Ogan. Sebelumnya, setidaknya hingga awal tahun 1990-an, gedung ini merupakan salah satu dari tiga bioskop yang ada di dalam lingkungan perumahan pekerja Pertamina. Namanya saat itu, Ogan Theater. Dua bioskop lainnya adalah Balai Ria dan Aneka Ria.

Pada masa penjajahan Belanda, gedung yang letaknya di tepi Sungai Musi ini merupakan Societeit. Gedung ini merupakan salah satu dari beberapa gedung serupa yang dibangun oleh Pemerintah Kota (Haminte) Palembang.

Dikawasan Seberang Ilir, Societeit atau Balai Pertemuan, yang lebih sering disebut Kamar Bola ini dibangun di dekat Benteng Kuto Besak (saat ini lokasi Gedung Balai Pertemuan Umum yang menjadi Kantor Dinas Polisi Pamong Praja Palembang dan Balai Prajurit). Sementara di kawasan Seberang Ulu, Societeit dibangun di Plaju dan Sungai Gerong (saat ini Gedung Sasana Ria).

Kala itu, kedua kawasan ini sudah menjadi kompleks perumahan para pegawai Kilang Minyak Plaju dan Kilang Minyak Sungai Gerong. Fungsi gedung ini adalah sebagai tempat pesta para pembesar Belanda dan dilengkapi beragam permainan serta pertunjukan. Pada hari-hari tertentu, seperti halnya Societeit di Batavia kala itu, digelar pesta dansa.

Back To Tempat Wisata Lainya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar