Minggu, 23 Agustus 2009

Empat Kondominium di Jakabaring

Usai SEA Games Dijual kepada Masyarakat

PALEMBANG – Tak hanya membangun mal di kawasan Seberang Ulu. Dalam tiga tahun ke depan, kawasan Jakabaring kembali mendapat sentuhan pembangunan dan dipastikan berkembang dengan pesat.

“Ini ada hubungan dengan Sumsel, khususnya Palembang sebagai tuan rumah SEA Games, November 2011,” ungkap Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumsel, Ir H Eddy Hermanto SH MM, kemarin.

Setidaknya, di sana akan dibangun empat kondominium. Targetnya, dapat menampung sekitar 4.500 atlet dan ofisial peserta dari berbagai negara. “Tidak bisa lagi seperti pelaksanaan PON 2007, di mana para atlet dan ofisial ditampung di rumah-rumah warga sekitar.”

Usai SEA Games, tambah Eddy, kondominium tersebut akan dijual kepada masyarakat. Soal dana pembangunan sendiri, Pemprov telah berkoordinasi dengan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). “Kementerian telah menyatakan kesiapan membantu kita membangun tower-tower bagi perumahan peserta SEA Games.”

Ia menambahkan, beragam sarana olahraga juga akan dibangun di kawasan Jakabaring. Di antaranya lapangan golf dan lapangan tembak. Di samping itu, ada tawaran dari Menpera untuk launching pembangunan perumahan kemitraan Menpera dan Pemprov Sumsel tahun 2010.

Launching itu, lanjut dia, menindaklanjuti kerja sama antara pemerintah 15 kabupaten/kota dengan Kemenpera tentang rumah murah. “Tahun 2010, Kemenpera akan mengucurkan dana untuk Sumsel di 15 kabupaten/kota.”

Berapa besar kucuran dana dan berbagai masalah teknis lainnya tergantung pembahasan ke depan. Di samping itu, melihat kesiapan pemerintah masing-masing kabupaten/kota. “Apakah mereka siap 1.000 atau 2.000 bahkan lebih rumah yang mampu dibangun. Berapa investasi untuk satu unit rumah pun belum dibahas lebih lanjut,” beber Eddy.

Akan ada tiga pola kemitraan yang dijalankan. Yakni pemerintah menyiapkan lahan untuk perumahan, Kemenpera memberikan subsidi pembangunan perumahan dan sisa kekurangan biaya akan dibayarkan oleh masyarakat. “Bulan depan akan dikaji kembali. Dalam minggu ini akan ada pembahasan kembali dengan Kemenpera,” tegasnya.(Sumeks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar