Minggu, 23 Agustus 2009

Konsumen Mulai Berburu






ImagePALEMBANG – Sejumlah pasar modern mulai kebanjiran pengunjung pada H+8 puasa. Dipastikan kondisi pengunjung bakal terus meningkat hingga hari raya Idulfitri 1430 Hijriah.

Pantauan Sumatera Ekspres di beberapa lokasi pasar modern seperti Internasional Plaza (IP), JM Group, Palembang Square (PS) Mall, dan Ramayana Departement Store mulai terlihat lonjakan traffic yang cukup signifikan. Rihansyah, manajer operasional IP mengatakan, arus kenaikan pengunjung keluar masuk di IP sudah mulai terasa. “Dari jam operasional 10.00-16.00 WIB, setiap kios atau tenant full oleh pengunjung,” ujarnya. Total pengunjung IP kemarin misalnya, mencapai 12 ribu orang. Padahal weekdays biasa cuma 5 ribu pengunjung dan weekend 6 ribu pengunjung. “Ini terpacu karena tingkat kebutuhan masyarakat menyambut hari raya Idulfitri makin tinggi,” ujarnya. Justru, lanjut dia, barang-barang yang banyak disasar konsumen untuk kebutuhan Lebaran seperti produk fashion, sepatu sandal, kue Lebaran, dan makanan. Transaksi konsumen bisa melonjak 200 persen. Puncaknya, kata Rihansyah, pada H-5 Lebaran, di mana diprediksi pengunjung mencapai 17 ribu-20 ribu orang. Begitu juga lahan parkir yang tersedia bisa full, terinci 400 unit untuk mobil dan 2 ribu motor.

Senada diungkapkan Firdaus Zamany, store manager Ramayana Dept Store. Katanya, saat ini pengunjung Ramayana sudah kelihatan ramai apalagi banyak yang telah menerima gaji. “Dibandingkan dengan hari biasa, kenaikan pengunjung hingga 5 kali lipat. Tapi, pada H-7 atau sekitar tanggal 13 September pengunjung naik 10 kali lipat dari biasa,” ujar Firdaus. Sayang, dia tidak bisa merinci total pengunjung. Hal yang sama juga terjadi pada transaksi, total kenaikan hingga 10 kali lipat.

“Apalagi core bisnis Ramayana juga di produk fashion jadi sangat cocok untuk kebutuhan Lebaran,” tuturnya. Untuk dua minggu pertama ini, produk fashion anak-anak banyak dicari. Setelah itu, minggu ketiga-keempat baru produk fashion dewasa jadi incaran. Tren seperti ini, kata Firdaus, sudah lumrah setiap jelang Lebaran.

Nah, untuk meng-cover demand, per tanggal 11-19 September Ramayana buka dari pukul 08.30-24.00 WIB. Padahal, biasanya tutup pukul 21.00 WIB. “Bahkan, tanggal 5 September nanti kita gelar midnight sale yang juga berlangsung hingga pukul 24.00 WIB.”

Arif Nuryanto, deputy center PS Mall juga membeberkan hal yang sama. “Satu minggu terakhir weekdays seperti weekend biasa, di mana pengunjung tembus 50 ribu orang. Akan tetapi, weekend pada momen sekarang tembus hingga 60 orang,” ujar Arif. Ini akan terus berlanjut, puncaknya pada H-7 Lebaran. Yang jadi incaran, tetap tenant fashion dan makanan. Lonjakan peningkatan transaksi tergantung tenant masing-masing. Yang jelas, kenaikan antara 20-50 persen.

Senada diungkapkan Aki Redo Febriano, head of advertising and promotion PIM. Katanya, terjadi peningkatan yang signifikan memasuki minggu kedua puasa hingga 80 persen. “Yang tadinya rata-rata total weekend 30 ribu pengunjung tembus hingga 60 ribu pengunjung,” pungkasnya.(Sumeks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar