Minggu, 09 Agustus 2009

GOR Kampus Direhab Rp100 M

PALEMBANG – Sumsel menjadi tuan rumah delapan cabang olahraga (cabor) SEA Games 11 November 2011 mendatang. Untuk itu, beberapa cabor perlu dipersiapkan kembali sesuai standar internasional. Salah satunya GOR Kampus POM IX, yang begitu kumuh. Hasil rapat kemarin, GOR ini akan direnovasi menjadi salah satu yang termodern.

“Renovasinya seminimal mungkin pakai biaya APBD. Karena banyak yang berminat akan kita tenderkan segera,” ungkap Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sumsel, Ir H Eddy Hermanto SH MM, kemarin. Grand design renovasi GOR lebih kepada perombakan total. Gedungnya sendiri akan dibuat lebih luas dan terdiri dari dua lantai.

Sarana dan prasana olahraga akan jauh lebih lengkap dibandingkan saat ini. Tentunya mampu menampung lebih banyak pengunjung. Di belakangnya akan dibangun hotel bintang lima. Di kolam samping GOR akan dijadikan arena permainan anak, termasuk dengan mengadakan waterboom. “Catatannya, pedagang nasi gorang malam di areal itu tidak akan digusur,” tegas Eddy.

Ia memperkirakan, total investasi untuk proyek ini bisa mencapai Rp100 miliar. Renovasi GOR dan pembangunan hotel serta sejumlah fasilitas lain sedapat mungkin ditekel oleh investor yang terpilih dalam tender tersebut. Pengelolaan aset Pemprov Sumsel itu nantinya akan dilakukan bersama pemprov dan investor bersangkutan.

“Sistemnya build operate and transfer (BOT) selama 30 tahun,” beber Eddy lagi. Untuk penentuan investor dan pembangunan sedapat mungkin dimulai tahun ini. Diharapkan akan selesai dalam satu tahun ke depan sehingga siap dipergunakan pada SEA Games nantinya. Ke depan, penggunaan GOR Kampus akan menerapkan sistem sewa alias dikomersilkan.(Sumeks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar