Rabu, 12 Agustus 2009

Jalan Soekarno-Hatta Diperlebar Dua Kali Lipat

PALEMBANG - Ruas jalan Soekarno-Hatta dalam Kota Palembang diperlebar. Dari yang tadinya selebar 7 meter ditambah menjadi 14 meter termasuk median yang terletak ditengah jalan. Pengerjaan fisik atau konstruksi fisik pelebaran ruas jalan tersebut diharapkan mulai 2010 mendatang.

Kepala SNVT Jalan dan Jembatan Metropolitian Aidil Fiqri mengatakan, perlebaran jalan mendapatkan loan (pinjaman dana) dari Bank Dunia. Besarnya diperkirakan antara Rp 80-100 miliar dengan panjang ruas jalan 8,4 kilometer. "Pelebaran mulai dari Simpang Kol H Barlian hingga ke Simpang Musi II yang diharapkan mulai 2010 mendatang," ujarnya, Rabu (19/8).

Selain dana dari Bank Dunia, juga ada dana yang berasal dari APBN yang besarnya mencapai 30 persen dari total dana yang dibutuhkan. Dana tersebut diantaranya untuk pembebasan lahan yang belum dibebaskan untuk pelebaran. "Secara umum tanah yang terkena pelebaran adalah milik jalan. Hanya dibeberapa titik yang belum dibebaskan tetapi sangat kecil luasnya," ujar Aidil.

Saat ini jelas Aidil telah dilakukan pemilihan wakil pengawas pelelangan untuk proyek pelebaran jalan tersebut. Dua orang yang mewakili masyarakat telah dipilih untuk menjadi pengawas proses pelelangan. Langkah tersebut untuk meminimalisir korupsi dana-dana proyek tersebut pada tahap pelelangan. "Dipilihnya pengawas tersebut menjadi syarat yang diminta oleh Bank Dunia sebelum dana bantuan dicairkan," ujar Aidil.(Sripo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar