Minggu, 02 Agustus 2009

Laku, Sesuatu ‘Berbau’ Tradisional

Wakil Walikota Palembang Romi Herton menilai, sesuatu yang berbau tradisional sangat laku untuk dijual ke turis. Namun memang penggarapannya harus maksimal dan melibat semua unsure.

Ia yakin, kegiatan menangkap ikan di Sungai lacak, mampu mengundang minta wisatawan, domestic dan asing untuk dating, melihat dan mencoba. ‘’Mereka –wisatawan, red—pasti tertarik untuk mencoba, bagaimana sih cara menangkap ikan dengan menggunakan peralatan tradisional. Apalagi saat ini, cara-cara tradisional sudah mulai terlupakan. Sehingga jika kita sajikan mereka ‘menu lama’, pasti tertarik,’’ tukas Romi ketika dibincangi usai kegiatan.

Agenda tradisional seperti inilah yang sejatinya kita pelihara. Yang mesti diperbaiki adalah bagaimana cara mengemas kegiatan adat supaya lebih menarik.

Apalagi Desa Sungai Lacak sudah termasuk dalam kawasan Agropolitan yang merupakan satu objek wisata yang bertemakan pertanian dan perkebunan.’’Kalau kita jual-nya secara paket akan lebih menarik daripada terpisah per kegiatan,’’ kata Romi.

Ada baiknya, kegiatan turun temurun ini atau dimasukkan dalam agenda pariwisata kota Palembang. Pemkot juga menurutnya akan mensuport penuh melestarikan warisan budaya tersebut.

Romi juga berjanji pada tahun mendatang pihaknya akan tetap mengunjungi acara tersebut dengan suasana yang lebih baik lagi dan lebih meriah. Bahkan diharapkan, kehadirannya mendatang sudah berbarengan dengan wisatawan yang mengunjungi kota Palembang.(Sumeks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar