Senin, 14 September 2009

Sekaligus Khitankan Dua Anak

PALEMBANG - Pasangan suami istri, Maurudi (24) dan Sarinah (22) merasa beruntung dan berulang kali mengucap syukur, Rabu (30/9). Pasalnya mereka bisa mengkhitankan kedua putranya sekaligus acara khitanan massal Karya Bakti HUT TNI ke-64 di halaman Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

"Kami ini orang tidak mampu, saya hanyalah tukang becak, ibunya anak-anak tidak bekerja karena mengurus mereka berdua ini," kata Maurudi, warga Jl Demang Lebar Daun, Pakjo, Palembang. Menurutnya, kedua anaknya yang ikut dalam khitan massal yang diselenggarakan oleh Kodam II Sriwijaya adalah Febrianto (6) dan Salamun (4).

"Penghasilan suami saya kecil, tiap hari dia harus menyetor uang narik becak kepada pemilik becak sebesar Rp 3.000 dan kalau sepi pulang ke rumah tidak bawa uang sama sekali," ungkap Sarinah. Menurutnya, paling besar dalam sehari suaminya membawa uang Rp 30 ribu ke rumah. Uang itulah yang digunakannya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari keluarganya.

Sementara itu kedua putra mereka yang usai dikhitan lebih banyak diam. Bahkan Salamun, masih meneteskan air mata meskipun tidak terdengar tangisnya. Febrianto terus memegangi sarungnya dan wajahnya tampak menahan sakit. Tetapi saat ditanya Sripo, Febrianto menjawab senang telah dikhitan.

Perasaan senang juga menyelimuti ratusan anak-anak panti asuhan yang sengaja diundang oleh Kodam II Sriwijaya. "Kita diundang oleh Pak Pangdam dan nanti katanya akan dapat sembako," kata A Ibnu Hajar, Pimpinan Panti Asuhan Sabilul Hasanah. Menurutnya, mereka mendoakan agar TNI tetap bagus dan tetap berjuang demi rakyat dan negara.

Selain mengadakan khitanan massal, diselengarakan juga berobat gratis, pembagian sembako, KB gratis dan juga donor darah.

Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI M Sochib mengatakan bahwa perayaan HUT TNI ke-64 itu juga diharapkan bisa dirasakan oleh sejumlah masyarakat Sumsel. "Kita berharap agar masyarakat dengan adanya kegiatan ini merasa diperingan bebannya dan kita juga berharap agar TNI tetap dapat melaksanakan tugas dengan baik," ungkapnya.

Sedangkan Walikota Palembang, H Eddy Santana yang juga tampak hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa kegiatan dalam perayaan ulangtahun itu sangat bagus sekali. "Saya ucapkan selamat ulang tahun kepada TNI yang ke-64," kata Eddy.(Sripo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar