Selasa, 01 September 2009

Warga Sambut Karnaval Mobil Hias

PALEMBANG, SRIPO — Karnaval mobil hias menandai penutupan Festival Darussalam Palembang (FPD) XI di Plaza Benteng Kuto Besak, Sabtu (5/9) malam sekitar pukul 22.00, berlangsung meriah dan menyita perhatian ribuan masyarakat Palembang.

Karnaval mobil hias yang diikuti 22 peserta, antara lain dari Pemprov Sumsel, Palembang, Banyuasin, Ogan Ilir, PT Pusri dan Bank Sumsel Syariah, mengelilingi jalan protokol Palembang. Di setiap sudut jalan, masyarakat berjejer menyaksikan tontonan gratis ini.

Arak-arakan mobil hias bernuansa Islami ini sudah mulai menyerap perhatian warga Kota Palembang yang memadati Plaza BKB. Mereka tak sabar menyaksikan acara penutupan yang dimulai usai salat taraweh di Masjid Agung Palembang. Karnaval dilepas pengurus Kerukunan Keluarga Palembang (KKP).

Hadir pada penutupan FPD XI itu, Wakil Walikota Palembang H Romi Herton, perwakilan Kodam II Sriwijaya, dan undangan lainnya. Ketua Umum KKP Pusat H Soleh Thamrin juga tampak hadir.

Ketua Panitia Pelaksana H Zailani UD Sip mengungkapkan untuk tahun ini peserta karnaval mobil hias meningkat. “Bahkan malam ini (kemarin malam, Red) pun masih ada yang mendaftar menjadi peserta karnaval mobil hias,” ujarnya.

Ditambahkan juga Festival Palembang Darussalam ini dalam rangka syiar Islam menyambut Bulan Suci Ramadan 1430 H, serta ikut menyukseskan program Pemkot Palembang dalam bidang pariwisata dan kebudayaan serta pelestarian budaya tradisional.

Beragam perlombaan dan festival telah digelar dalam FPD XI sejak 20 Agustus sampai 5 September. Seperti pencak silat seni, MTQ, lomba azan, cerita berbahasa Palembang, nasyid, melukis, mewarnai gambar bangunan bersejarah, dan puncaknya fetival mobil hias malam 17 Ramadan, semalam.

Para peserta karnaval mobil hias pun dinilai. Keluar sebagai juara pertama, kedua dan ketiga kategori A adalah mobil hias dari Empatlawang, Bank sumsel syariah, dan Kabupaten Musi Banyuasin.Sedangkan untuk kategori B adalah Disbudpar Palembang, Kecamatan SU II, dan Masjid Istihad 15 Ulu SU 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar