Senin, 07 September 2009

Warga Palembang Diimbau tak Keluar Rumah

PALEMBANG - Menyikapi semakin tebalnya kabut asap yang melanda Palembang dan daerah lain di Sumsel, Gubernur Ir H Alex Noerdin SH mengimbau agar masyarakat tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Ketebalan asap kabut dikhawatirkan akan berdampak gangguan pernafasan dan tenggorokan.

Untuk mengatssi kabut asap ini, Alex Noerdin minta kepada bupati/walikota untuk aktif terjun ke lapangan dan memantau pembakaran hutan di daerah masing-masing. "Pemerintah provinsi dan pusat akan memberikan fasilitas bantuan," kata Alex Noerdin tanpa merinci jenis bantuan yang akan diberikan.

Terjun ke lapangan yang dimaksudkan Alex Noerdin agar kepala daerah san staf secara terus melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar dan tidak semberangan membuang potung rokok ke semak belukar yang berpotensi kebakaran hutan. "Untuk bagi yang sengaja membakar hutan, tentu ada sanksinya," katanya.

Untuk menjaga kesehatan, Alex mengimbau kepada masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah. "Kalau memang tidak ada kegiatan penting-penting banget, lebih baik berdiam di rumah agar warga tidak terllau sering terhirup kabut asap," katanya.(Sumeks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar