Rabu, 01 Juli 2009

Pempek Palembang di Indonesia Festival 2009 Ottawa

PEMPEK Palembang dalam Indonesian Festival 2009 Ottawa. Baru baru ini dipertengahan bulan Juni 2009, bertepatan dengan musim summer yang cerah Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ottawa melaksanakan even tahunan yaitu Indonesian Festival dengan menampilkan berbagai jenis atraksi yang bertempat di gedung Caraka Nusantara dan halaman belakang kantor Kedutaan RI.

Berbagai jenis kegiatan dilaksanakan di ruangan Caraka Nusantara yang dimulai dengan berbagai pameran hasil kerajinan tangan Indonesia mulai dari berbagai tipe furniture yang terbuat dari bahan rotan, berbagai jenis lukisan, kerajinan tangan dari kayu, batik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Acara ini dimulai pukul 09.00 pagi sampai pukul 15.00 sore hari yang dikunjungi oleh banyak orang tidak hanya masyarakat Indonesia saja, tetapi sebagian besar masyarakat kanada sendiri turut berpartisipasi baik yang sengaja datang dari rumah atau kebetulan lewat didepan kantor kedutaan dan ingin tahu ada perayaan apa dikantor tersebut.

Pada kesempatan ini, gamelan jawa turut memeriahkan acara dengan berbagai jenis lagu yang dibawakan oleh para pelajar Indonesia di Ottawa. Juga tidak ketinggalan Tari Belibis dari Bali turut menghangatkan suasana dengan aksinya yang mempesona.

Pada kesempatan ini juga panitia memberikan kesempatan pengunjung untuk berpartisipasi dengan menanyakan langsung kepada para pemain gamelan tentang cara memainkan alat musik tersebut, juga dijelaskan asal usul musik traditional tersebut yang merupakan salah satu warisan kebudayaan hindu budha di Indonesia yang telah dikenal dimulai sejak zaman Majapahit.

Selanjutnya para pengunjung dengan suasana yang santai akan menikmati berbagai jenis masakan traditional Indonesia yang terletak dihalaman belakang kantor dengan memasang tenda tenda, dimana saalah satu masakan favorit pempek palembang dengan cepat diserbu pengunjung sehingga dengan cepat pula dagangannya habis.

Tapi para pengunjung yang tidak kebagian tidak perlu kecewa karena sate ayam, ayam bakar, nasi goreng, gudeg jokja, soto ayam, ketoprak, berbagai jenis makanan kering dari kerupuk, indomie, dodol, kecap dan lain lain turut memeriahkan suasana.

Apalagi dengan cuaca cerah para pengunjung dapat membeli berbagai minuman segar, dari es cream, es buah dan minuman kaleng lainnya. Ada juga yang merasa kecewa karena mereka merasa antrian untuk sate terlalu lama, tapi secara umum para pengunjung merasa puas dengan berbagai jenis masakan disini, terutama harga yang ditawarkan jauh dibawah harga rata rata jajanan pasar Ottawa.

Pihak penyelenggara festival juga memberikan tenda khusus untuk anak anak, dimana mereka diberikan kesempatan untuk berkreasi mulai permainan menggunting huruf, mewarnai dan lain lainnya, semua berjalan lancar. Dari pagi sampai siang hari para pengunjung yang datang silih berganti, layaknya seperti pasar traditional.

Lapangan parkir kedutaan terlihat penuh dengan kendaraan yang keluar dan masuk, juga para pejalan kaki dan naik sepeda turut meramaikan Indonesian festival 2009 ini. Kegiatan seperti ini di Ottawa masih sedikit sekali, namun demikian suasana aman, tertib, dan bersih tetap menjadi prioritas utama panitia. (Sripo)(letjen1962@yahoo.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar