Senin, 20 Juli 2009

Tiga CCTV Bandara Tak Berfungsi

Telepon Masuk ke Posko Disadap Upaya Pengamanan Bandara SMB II

SMB II-Ancaman teror bom kali kedua di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang disikapi serius petugas keamanan. Pihak bandara SMB II mulai melakukan pembenahan fasilitas pengamanan pendukung lainnya yakni Closed Circuit Television (CCTV) yang tersebar di beberapa titik bandara dari jumlah total 26 unit.

Plt General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Internasional SMB II Palembang, Dwiono mengatakan, dari total jumlah CCTV tersebut, tiga unit CCT tak berfungsi. Hal itu lantaran sempat mengalami gangguan teknis dan saat ini tengah dilakukan perbaikan.

“Tapi saat ini seluruh CCTV yang ada disini semuanya telah bekerja dengan baik. Lamanya perbaikan, akibat kita mesti menunggu spare part-nya,’’jelas Dwiono ramah kepada Sumatera Ekspres.

Selain pembenahan fasilitas CCTV, pihak bandara SMB II juga melakukan penyadapan setiap telepon yang masuk ke posko informasi bandara. Hal ini dilaksanakan dengan berkoordinasi bersama salah satu perusahaan telekomunikasi sehingga seluruh telepon yang masuk dapat dengan mudah terlacak.

“Saat ini perihal pengajuan kita kepada perusahaan telekomunikasi agar dapat menampilkan setiap nomor telepon yang masuk melalui posko informasi bandara tengah dalam proses. Itu salah satu pembenahan yang kita lakukan saat ini. Guna mengatasi kejadian serupa”, ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, Dwiyono memohon pengertian kepada setiap pengemudi yang masuk ke Bandara SMB II. Baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua, bakal menjalani serangkaian pemeriksaan oleh petugas bandara dibantu aparat TNI Angkatan Udara (AU).

“Kami sepenuhnya bisa memaklumi ketidaknyamanan dari setiap pengemudi kendaraan yang kendaraan dan barang bawananya harus diperiksa mulai dari pintu masuk hingga terminal ke berangkatan. Itu semua dilakukan semata-mata antisipasi keamanan, tidak ada yang lain,” jelasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Divisi Operasi PT AP II Bandara Internasional SMB II Palembang, Iskandar Hamid. “Terkait dengan ancaman bom di bandara melalui petugas informasi bandara. Kita bakal berkoordinasi bersama perusahaan telekomunikasi,’’ imbuhnya.(Sumeks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar