Minggu, 25 Oktober 2009

Inventarisasi Capai 80 Persen

Camat Bukit Kecil Alex Fernandus mengatakan, pihaknya memang sedang menginventarisasi pemilik rusun di kelurahan 23, 24 dan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang. Inventarisasi ini diakuinya dalam upaya membantu pemerintah kota dalam mendapatkan data konkret mengenai kepemilikan setiap pintu di rusun. Data ini nantinya akan sangat berguna jika memang revitalisasi rusun menjadi apartemen terlaksana.

“Sejauh ini sudah 80 persen, sudah terdata sekitar 4000 orang pemilik rusun,”bebernya, kemarin. Di kompleks rusun dalam tiga kelurahan itu, total ada 54 blok. Jumlah penghuninya sekitar 12 ribuan orang. Secara uum, kondisi fisik rusun memang sudah tidak layak huni lagi.

Dikatakan, dengan jumlah penghuni sekarang, artinya satu blok ada sekitar 300 orang yang bermukim. Satu keluarga memiliki 2-3 orang anak. Sekitar 80 persen merupakan warga Palembang. Pemilik Rusun sebagian besar dari kalangan menengah ke atas. “Tapi yang menyewanya, lebih dari 50 persen masyarakat menengah ke bawah. Kalaupun ada yang menengah ke atas jumlahnya tidak banyak,” tutur Alex.

Ia menambahkan, sekitar 80 persen warga rusun merupakan pengontrak. Alex menyatakan, dalam upaya menjaga kebersihan dan kerapihan rusun, kerap dilakukan kerja bakti maupun gotong royong. “Tapi ya kondisinya memang begini. Kesannya jadi kumuh dan kurang sehat,” paparnya.

Belum lagi sekitar 90 persen sanitasi di kawasan itu tidak berfungsi dengan baik alias rusak. Rencana revitalisasi rusun ini, kata Alex sudah diketahui oleh warga penghuni rusun. Dikatakannya, masalah ini memang masih dalam tanggung jawab Perum Perumnas. Karena warga hanya mengantongi hak guna bangunan saja (HGB). Sedangkan yang punya tanah Perum Perumnas.(Sumeks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar