Kamis, 01 Oktober 2009

Perluasan Kampung Hijau Libatkan 4 RT

SUKODADI - Juara kampung ramah lingkungan tingkat Kota Palembang, yakni Kelurahan Sukodadi, Kecamatan Sukarame memperluas lokasi area penghijauan. Kegiatan ini melibatkan tiga rukun tetangga (RT) sekaligus dengan kriteria perluasan penghijauan, dan penyebaran tanaman. Sebelumnya kampung ramah lingkungan hanya dipusatkan di RT 24/05.

Camat Sukarame, Dra Lisma Feni SSos MM mengatakan, perluasan kampung ramah lingkungan tidak lepas dari partisipasi warga sekitar. Tiga RT yang dilibatkan, yakni RT 20/07, RT 23/07, RT 25/07 dan RT27/07 sehingga lingkungan di sekitar pemukiman warga menjadi lebih asri, teduh, dan nyaman.

“Perluasan dimaksudkan agar kesadaran warga untuk menjaga lingkungannya tetap bersih. Melalui program kampung ramah lingkungan yang mengajak serta dan kepedulian warga memanfaatkan lingkungannya. Salah satunya yakni penyebaran tanaman usaha maupun kesehatan,” kata Lisma.

Selain perluasan kampung ramah lingkungan, fasilitas taman hijau dibuat di halaman depan pemukiman warga. Seperti yang terlihat di RT 20/07 terdapat banyak jenis tanaman yang dikembangkan. Termasuk pula penyebaran pot tanaman di sepanjang Jl Anggrek, RT 20/07.

“Perluasan bukan hanya di satu RT saja. Tapi melibatkan 4 RT yang dibantu pula tambahan 60 pot bunga dari PT Angkasa Pura (AP) II Bandara SMB II Palembang. Pot itu, disebarkan di sepanjang Jl Anggrek, depan pemukiman warga,” kata Lisma yang didamping Lurah Sukodadi, Sumoro SE.

Ketua RT 24/05, Drs Najib Pradedi MM menjelaskan, pengembangan atau perluasan kampung ramah lingkungan di pemukiman warga berupa tanaman dan taman. Sehingga dapat dimanfaatkan hasilnya bagi pengembangan tanaman obat-obatan dan fasilitas bermain untuk anak-anak.

“Dengan perluasan yang melibatkan 4 RT, alhamdulillah direspons positif warga sekitar. Mereka terlibat langsung dengan menunjukkan kepeduliaannya dengan menanami pekarangan rumah. Baik tanaman hijau, hias maupun apotek hidup. Namun hal ini, terus digalakkan kepada warga sekitar lainnya,” terangnya.(Sumeks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar