Kamis, 08 Oktober 2009

PKL, Dekat Sama Pasar Tradisonal

Pasar tradisional emang jadi alternatif buat sobat Xpresia yang pengen dapet barang idaman, tapi nggak bikin kantong jebol. Pasar tradisional udah jadi tempat sebagian orang buat menggantungkan hidupnya, baik pedagang ataupun pembeli.

Menurut Direktur PD Pasar Palembang Jaya, Drs H Syaifudin Azhar, di Kota Palembang, ada 33 buah pasar dibangun buat memenuhin kebutuhan jual-beli masyarakat. “Ada sekitar 20 ribu orang menggantungkan kehidupannya dari pasar tersebut,” tuturnya. Di Indonesia sendiri ada sekitar 15 juta orang terlibat dalam kehidupan pasar.

Menurutnya, masalah utama di setiap pasar yaitu keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL). Kok gitu? Soalnya, menurut beliau pedagang ini sering mengganggu ketertiban pasar, and sering bikin macet. Selain hal itu, kebanyakan dari mereka nggak nyetor pajak retribusi berguna bagi pembangunan daerah. So, jangan heran kalo ngeliat PKL main kucing-kucingan sama Polisi Pamong Praja (Pol PP).

But, mereka juga mau cari uang, kan? Lagi pula PKL kan juga bisa mengurangi angka pengangguran. Emang sih, nggak bisa dipungkirin kalo mereka juga ngebantu masyarakat buat ngedapetin barang dengan harga miring.

Well, kita doain aja semoga pemerintah dengan dukungan masyarakat bisa mecahin masalah satu ini. Biar mereka bisa tetep hidup, dan ketertiban kota tetep terjaga. Amin.(Sumeks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar