Kamis, 29 Oktober 2009

Wako: Akan Muncul 4 Nama

PALEMBANG - Sekretaris Daerah Kota Palembang, Marwan Hasmen bakal pensiun Desember mendatang. Lantas, siapa yang bakal menggantikan posisinya?
Belum dapat dipastikan. Yang jelas, isu yang beredar di lingkungan pemerintah kota (pemkot) sejumlah nama sudah diusulkan untuk menempati jabatan tertinggi karier birokrasi di pemerintahan kabupaten/kota tersebut. Mereka dianggap sudah memenuhi syarat. Di antaranya, sudah menjabat dua kali kepala dinas dan asisten.

Siapa eselon II itu? Sumber Sumatera Ekspres menyebut ada nama Dra Sumaiyah MZ (kadispenda Kota), Ir Afriadi S Busri CES (asisten II Perekonomian dan Pembangunan), Husni Thamrin (asisten III), H Abdullah Farhan AS (kadisdukcapil), dan Eddy Asuardi (kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan). “Nama-nama itu sudah memenuhi syarat. Bahkan, ada yang pernah diusulkan bersamaan dengan Pak Marwan Hasmen,” kata sumber tadi.

Sayang, Wali Kota Ir H Eddy Santana Putra MT belum mau menyebut siapa nama yang tengah ia kaji. Yang jelas, kata Eddy, karena Sekda sudah memasuki masa pensiun, akan ada calon pengganti.

"Semua sudah diatur dalam peraturan yang berlaku," ujar Wako. Menurut dia, akan muncul 3-4 nama kandidat sekda kota. “Soal nama yang Anda sebutkan bisa saja. Semua punya kompetensi. Selama memenuhi persyaratan yang ditetapkan, semua layak jadi sekda,” bebernya lagi.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Palembang, Harnojoyo SSos mengatakan, sekda merupakan jabatan karier. “Yang layak menjabat sekda pasti yang profesional dan betul-betul memiliki pengalaman mumpuni. Sudah menduduki beberapa dinas/instansi, kriterianya yang jelas itu," tukas Harnojoyo. Tapi sayangnya, dia tak mau merinci lebih detail kriteria calon yang pantas jadi sekda. "Itu hak prerogatif wali yang memilih, kita sekadar menyarankan," pungkasnya.(Sumeks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar